Kita sudah bertahun-tahun bekerja di perusahaan. Menangani pekerjaan yang sama. Tiba-tiba diajari untuk melakukan pelayanan prima. Atau bila kita bekerja di BPR sudah puluhan tahun, tiba-tiba diajari analisa kredit dan penanganan kredit bermasalah.
Bagaimana perasaan Anda. Diajari orang yang kemungkinan besar dia sendiri tidak pernah melakukan apa yang diajarkan ?
Pasti Anda boring dan bosan bukan ? Hasilnya pun bisa ditebak. Pasca pelatihan, tidak terjadi perubahan perilaku yang signifikan.
Mengapa demikian ? Karena kita salah memilih metode dan narasumber. Kita melaksanakan training hanya sekedar untuk menggugurkan kewajiban saja.
Bagaimana sebaiknya ? Saran saya, metode pelatihan harus dirubah. Bila peserta training sudah bekerja puluhan tahun. Jangan diajari. Jangan diarahkan. Jangan digurui. Namun ajaklah untuk berfikir dampak dan untung rugi bila kita tidak melaksanakan pelayanan prima. Ajukan pertanyaan apa yang harus dilaksanakan untuk mewujudkan pelayanan prima ? Bagaimana komitmen agar langkah-langkah bisa terwujud ?
Intinya peserta kita ajak berpikir. Kita tumbuhkan kesadaran dalam dirinya. Sehingga diakhir sesi muncul komitmen dari diri mereka sendiri untuk melaksanakan hasil training. Hindari sikap menggurui. Tehnik dan metode yang baru saja kita bahas tersebut adalah TRAINING BERBASIS COACHING.
Metode inilah yang kami terapkan dalam setiap pelatihan. Selamat mencoba. Bila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut secara rinci hubungi kami. Dengan senang hati kami membantu.
Suharno, CPC Certified Professional Coach